Mengilhami IDE: Innovation, Design & Entrepreneurship

Bisnis Mahasiswa ini Beromzet Hampir 1 Milyar Dari Kafe Susu

34

Ideapreneur Indonesia | Tidak menyangka, kafe susu yang didirikan oleh Mohamad Faizal Hidayat (23) asal Brebes, Jawa Tengah berkembang pesat. Dalam empat tahun berjalan, usaha susunya meraih omzet hampir Rp 1 milyar per bulan.

“Susu ini usaha saya, susu ini juga yang membiayai kuliah,” ujar Faizal, Selasa (7/3/2017) kepada Kompas, saat mengikuti wisuda tanda kelulusannya sebagai mahasiswa.

Hingga kini ada 15 kafe susu yang beroperasi di berbagai kota/kabupaten di Indonesia, yaitu Kudus, Salatiga, Purwodadi, Rembang, Magelang, Tegal, Blora, Jember, Tasikmalaya, Garut, Bali, Lombok dan Semarang. Khusus di Semarang ada 3 titik, yaitu di sekitar kampus Unnes, Banjir Kanal Barat dan Kedungmundu.

Berawal pada 2 September 2013 lalu, bisnis mahasiswa bidang studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang ini hasil kerjasama dengan kekasihnya Yulaikha Latifah dan temannya Fandi. Modal yang digunakan hanya Rp 1,3 juta saja.

Modal itu digunakan sepenuhnya untuk sewa tempat di sekitaran kampus Unnes Semarang. Saat itu, Faisal tidak menggunakan barang-barang baru untuk perabotan kafe. Ia memanfaatkan cat bekas, lampu bekas praktikum untuk menghias kafe.

Perlahan, usahanya naik daun. Kafe susunya ramai dikunjungi hingga menghasilkan omzet rata-rata Rp 60 juta per bulan. Dengan 15 kafe yang terbina, omzet bisnisnya mencapai Rp 900 juta atau mendekati Rp 1 milyar per bulan.

Dikutip dari Kompas, Faizal menerangkan satu outlet itu biasanya pekerjanya 10-15 orang. Jadi usahawan muda ini sudah punya 150 karyawan.

alam mengembangkan usahanya, manajemen kafe susu binaan Faizal selalu mengambil susu lokal. Susu dari kafe Semarang disuplai oleh para peternak di Gunung Pati.

Ia juga gencar mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak berkaitan dengan promosi produk atau sejenisnya.

“Kami sementara tidak ambil profit. Keuntungan dikembalikan ke outlet, untuk pengembangan usaha itu sendiri. Makanya cepat berkembang,” ucapnya.

Faizal pun berkeinginan agar susu racikannya bisa go international.

“Usaha susu ini produk asli Indonesia. Saya ingin sekali produk ini bisa menjual. Kalau kopi kan sudah banyak bermain, kalau susu sedikit yang bermain, makanya kami main di segmen ini, ternyata pasarnya juga ada,” kata Faizal.

Referensi & Foto: Kompas.com

Leave A Reply