Mengilhami IDE: Innovation, Design & Entrepreneurship

Bentuk Koin Dinar Dirham WIN / WIM

50

www.ideapreneur.id – Bentuk koin emas dinar dan perak dirham yang diakui WIM bermacam-macam, perhatikan gambar di atas. Kenali tiga versi pencetak koin yaitu Wakala Induk Nusantara (Amirat Indonesia), Koin Negara Bagian Kelantan (Malaysia), dan Koin Kesultanan Nusantara (seperti Kasepuhan Cirebon, Kesultanan Ternate, dan Sultaniyah Sulu Darul Islam – dekat Filipina)

Seperti dituturkan Zaim Saidi melalui facebooknyaKoin-koin itu dibuat atas otoritas masing-masing, di bawah kordinasi dengan WIM (World Islamic Mint), dalam hal standarisasi, desain, dan rate. Distribusinya melalui jaringan yang sudah ada, di Indonesia melalui WIN dan jajaran wakala-wakalanya. Untuk Kelantan, karena merupakan Pemerintah Negara Bagian, secara khusus mendirikan satu institusi untuk itu, yaitu KGT. Untuk pencetakannya secara fisik dilakukan di beberapa tempat – antara lain Kazakhstan dan Dubai.

Koin-koin Amirat Indonesia menyesuaikan, dan telah menyatu dengan koin-koin WIM lainnya, sejak Januari 2013. Sebelum itu WIN memiliki rate sendiri. Jadi, WIN saat ini memegang otoritas pengedaran seluruh koin-koin di bawah standarisasi WIM, untuk wilayah Indonesia dan sekitarnya. Dalam waktu dekat, Kesultanan Bintan Darul Masyhur, juga akan mencetak koin sendiri, dengan standar WIM juga. http://www.ideapreneur.id

[info] Anda sudah memerlukan desain logo, desain merek dan desain brosur! Penanganan yang bagus dan desain yang baik akan mengurangi resiko kerugian Anda. Hubungi segera Aridh – Konsultan Desain [/info]

Standar Dinar emas dan Dirham perak mengikuti ketentuan WIM (World Islamic Mint), sesuai dengan ketetapan dari Rasulullah SAW, yang dikukuhkan oleh Khalifah Umar Ibn Khattab. Koin berstandar WIM ini hanya diedarkan oleh jaringan wakala di bawah koordinasi Wakala Induk Nusantara (WIN). Dinar dan Dirham yang tidak berasal dari jaringan WIN tidak diakui oleh WIM.

Pecahan Dinar dan Dirham WIN

DINAR: Koin emas seberat 4,25 gram 22 karat (91,70%). Tersedia pecahan ½, 1 dan 2 dinar.

DIRHAM : Koin perak murni seberat 2,975 gram. Tersedia pecahan ½, 1, 2 dan 5 dirham.

Dimana mendapatkan koin Dinar dan Dirham?

 

Awal 2013 kosep mata uang tunggal Islam ini mewujud dalam Dirham dan Dinar yang efektif berfungsi secara universal di seluruh dunia. Ini diawali dengan beredarnya koin-koin yang diregulasi oleh World Islamic Mint (WIM) secara serentak di beberapa negeri. WIM adalah badan otonom yang peran dan tugasnya adalah menetapkan standar, nilai tukar, mengatur pencetakan, serta menjamin mutu takaran dan timbangan Dirham dan Dinar, yang beredar di masyarakat.

Baca juga : Bagaimana Cara Mulai Menggunakan Dinar dan Dirham

Dinar dan dirham dapat diperoleh di wakala-wakala terdekat yang terdaftar di www.wakalanusantara.com atau Wakala Gemilang Kabupaten Bandung Barat, melalui penukaran dengan uang kertas, atau diperoleh melalui transaksi sehari-hari, sebagai hasil jual-beli, atau upah atas hasil kerja dan jasa di masyarakat sendiri.

Salam sukses, Agus Ridwan Sopari

 

1 Comment
  1. […] Baca juga : Bentuk Koin Dinar emas dan Dirham Perak WIM […]

Leave A Reply