Mengilhami IDE: Innovation, Design & Entrepreneurship

Bagaimana Mengelola Pelanggan?

27

www.ideapreneur.id – Bagaimana mengelola pelanggan sehingga membuat mereka loyal kepada perusahaan kita dan harus fokus kepada pelanggan yang tepat yaitu pelanggan yang memberikan kontribusi terbesar untuk perusahaan Anda.

Berikut cara efektif mengelola pelanggan yang diperlukan dalam perusahaan Anda, yaitu :

Cintai Pelanggan

Selalu love the costumer, cintai customer Anda, kita harus tahu apa kebutuhan dia, kita tahu apa yang dia mau dan kita harus beli lebih apa yang diterima. Contohnya Anda yang sudah pernah ikut seminar saya, saya bonuskan 3 cd audio, sehingga peserta/ customer bisa belajar lagi dan selalu bisa dengarkan. Selalu give more, kenapa buku saya laris? karena saya selalumemberi nilai tambah, saya selalu kasih cd audio. 

Hubungi Rutin

Mengelola pelanggan, pelanggan adalah unsur yang paling berharga dalam bisnis, namun kendalanya menghubungi pelanggan sangat susah tapi kita masih bisa memaintaince pelanggan.

 

Bentuk Sales Tim

Bentuk sales tim yang dahsyat yang hasilnya meledakkan luar biasa, kemudian anggap sebagai orang tua yang memberi saku, ini prinsip yang saya ajarkan, anggap seperti itu , jadi kita harus baik karna mereka yang memberi uang kepada perusahaan.

 

Fokus Pada Yang Menghasilkan

Fokus dari 20 % yang menghasilkan 80%. Itu maksudnya tidak semua pelanggan sama menguntungkan. Ketika saya belajar, saya hanya fokus pada 1%, yang menghasilkan duit 72%, memang tidak mewakili semua karena percaya uang beredar di bank-bank, saya baru dapat data 1% orang di Indonesia menguasai uang beredar sekitar 69%, edan? Sungguh edan berat 1 orang depositonya 24 M , ada yang 75 M sungguh sayang kalau kita tidak menjadi yang 1 % ini, saya fokus pada customer yang itu-itu saja, saya fokus dan saya layani dengan sangat-sangat baik.
Sekian tips bagaimana mengelolah pelanggan, semoga bermanfaat.

Sumber: TDWclub.com

Leave A Reply