Mengilhami IDE: Innovation, Design & Entrepreneurship

Aridh Konsultan Desain Terpadu

23

www.ideapreneur.id  –  Desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, fesyen, otomotif, dll. Memang pada kemunculannya penggunaan istilah desain (design) bermula dari gambar teknik arsitektur yang pada perkembangannya masih berbaur dengan seni dan kriya.

Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Profesi yang menyediakan anjuran ahli atau professional disebut konsultan, biasanya perseorangan tetapi bila bersama membentuk perusahaan konsultan bisa dinamakan firma atau asosiasi. Seperti Aridh Consulting, bidang keahlian yang dicakup oleh konsultan sangat luas. Meski istilah konsultan terdengar yang familiar itu Konsultan Manajemen, atau dalam hal kreatif ada Konsultan Desain Arsitek tetapi sekarang konsultan dapat bergerak pada bidang yang bervariasi sesuai dengan praktik industri dan kebutuhannya.

 

Pentingnya Konsultan Desain

Dunia kontemporer yang diramaikan dengan persaingan global, informasi dan teknologi mendorong setiap orang dan bisnis berlomba untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Memantapkan produk dan jasa sebuah institusi seharusnya bisa tampil dengan performa yang baik dan berada di jalur yang benar dengan upaya perencanaan dan perancangan yang tepat.

Meningkatnya kebutuhan planning dan design bagi startup business dan perusahaan yang sedang berkembang, menggerakkan Aridh untuk hadir membantu usaha-usaha di berbagai industri dengan jasa konsultan desain (design consulting).

Kesadaran para stakeholder organisasi sosial, lembaga pendidikan, yayasan, instansi dan perusahaan pemerintah terhadap konsultan desain meningkat seiring kesadaran konsumen akan merek (brand awareness) produk/jasa yang mereka konsumsi. Demikian pula efek keterikatan konsumen terhadap merek (brand engagement) yang telah dirasakan benefitnya oleh korporasi swasta besar, kini semarak diikuti pula oleh kalangan organisasi sosial, lembaga pendidikan, yayasan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bahkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan tujuan agar bisnisnya semakin marketable, fokus, dinamis dan profitable.

Baca juga : Alasan Kenapa Bisnis Masa Depan Perlu Konsultan Desain

Alur Kerja Konsultan Desain

Aridh, sebuah perusahaan konsultan desain terpadu yang didirikan di Bandung oleh para desainer professional yang berpengalaman lebih dari 10 tahun. Pernah menangani beragam bisnis mulai dari yang kecil hingga yang sedang berkembang seperti lembaga sosial, sekolah, universitas, perhotelan, restoran, cafe, perkantoran, agribisnis, produk makanan dan minuman, pemerintah, property, penerbitan, dan percetakan di dalam dan luar negeri.

Because we are eye of your customer, karena kami adalah mata dari konsumen Anda; Dalam proses kreatif Aridh terkadang bekerja di lokasi klien untuk beberapa waktu menggali informasi dan berinteraksi dengan karyawan dan juga konsumen dari kliennya. Namun sebagian besar bekerja menggodok hasil riset dan analisis di kantornya, selengkapnya dibantu alat komunikasi jarak jauh seperti telepon, faksimili, e-mail, dan sms.

 

Aridh mengintegrasikan konsultan desain branding, interior, grafis dan media dalam layanan bisnisnya. Dengan jasa integrated design consulting seperti itu akan menciptakan dampak besar melalui desain yang dapat dirasakan panca indera oleh semua orang. Baik karyawan, manajemen dan konsumen dapat berinteraksi melihat, menyentuh, dan merasakan pengalaman yang lebih berkesan terhadap produk barang/jasa yang dijual klien. Meskipun demikian layanan Aridh terbuka bagi klien yang memerlukan penanganan desain terpisah atau by items, spesifik pada pekerjaan yang ditentukan saja.

Leave A Reply