Mengilhami IDE: Innovation, Design & Entrepreneurship

Kiat Sukses versi William A. Ward

24

www.ideapreneur.id – Sukses selalu ada cara bagi tiap pelakunya, versi William A. Ward bisa dijadikan referensi kiat sukses untuk Anda. Tulisan singkat ini merinci topik 4 kiat sukses William A. Ward untuk mencapai sukses, yakni perencanaan yang tepat, persiapan yang matang, pelaksanaan yang baik, dan tidak mudah menyerah; kami ambil perincian kiat-kiat tersebut dari depkop.go.id sebagai berikut :

  • Ikuti perkembangan zaman

Bergabunglah dalam organisasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Banyak membaca dan gali informasi sebanyak mungkin. Internet akan banyak membantu Anda.

  • Buat rencana keuangan

Catat semua pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Buat target jangka pendek dan jangka panjang. Jangan pernah menyerahkan kondisi keuangan pada nasib. Perhitungkan dengan matang.

  • Perkirakan aliran uang tunai

Anda harus bisa memperkirakan aliran uang tunai, paling tidak tiga bulan ke depan. Jangan membuat anggarkan pengeluaran yang lebih besar dari itu.

  • Bentuk dewan penasehat atau cari tenaga ahli

Untuk memberi ide, saran atau kritik terhadap Anda dan produk yang ditawarkan Mereka bisa berupa teman-teman atau anggota keluarga yang dipercaya.

Ideapreneur Indonesia – membantu mengembangkan gagasan Anda, untuk mengelola aset dan investasi Anda menjadi bisnis yang profitable untuk Anda! Kerjasama bisnis kontak Ideapreneur.

  • Jaga keseimbangan

Antara kerja, santai, dan keluarga. Tak perlu ngoyo, karena sesuatu yang dikerjakan dengan ngoyo, hasilnya tak akan maksimal. Lagi pula, badan dan otak butuh istirahat.

  • Kembangkan jaringan (network)

Tak ada salahnya berkenalan dan bergaul dengan orang-orang yang berhubungan atau bisa mendukung bisnis Anda. Siapa tahu ada ide yang bisa digali.

 

  • Disiplin/motivasi

Aspek terberat dalam menjalankan usaha sendiri adalah disiplin atau motivasi untuk bekerja secara teratur. Untuk mengatasinya, buatlah daftar apa saja yang harus dikerjakan hari ini dan esok. Tentukan target yang harus dicapai dalam minggu ini. Selalu waspada dan siap Rajin-rajin melakukan evaluasi terhadap pasar, produk dan sistem pemasaran. Kalau perlu, ubah cara kerja agar lebih efisien. Perbaiki cara pemasaran atau kualitas produk. Cintai pekerjaan Anda Bagaimana akan sukses, jika Anda tak punya “sense of belonging” pada pekerjaan dan produk yang dihasilkan. Cintai pekerjaan dan produksi sendiri, dan uang akan mengikuti Anda. Jangan mudah menyerah. Para pengusaha sukses pun pernah mengalami kegagalan. Jika ingin cepat berhasil, segeralah bangkit dan belajar dari kegagalan. Jangan bersedih terlalu lama, apalagi menyerah.

Sobat ideapreneurs, ilmu di atas dikutip dari situs Departemen Koperasi, tentang Kiat Sukses William A. Ward, ketika dikonfirmasi untuk menelaah latar belakang Ward, kami kesulitan akses lagi.

Namun begitu, menurut Wikipedia, William Arthur Ward berasal dari Louisiana adalah penulis Fountain of Faith yang hidup pada 1921-1994, seorang penulis Amerika kutipan peribahasa yang inspirasional. Pernah menjadi kapten Tentara Amerika tahun 1942, gelar Doctor of Laws diberikan Universitas Oklahoma City atas prestasi profesionalnya, kontribusi sastra dan pelayanan masyarakat pada tahun 1962. Ward menjabat sebagai Asisten Kepada di Sekolah Texas Wesleyan mulai tahun 1955 dan tercatat sebagai anggota profesional Sigma Delta Chi, Humas Asosiasi Kampus Amerika, dan Dewan Direksi berbagai organisasi termasuk Rotary, Palang Merah dan Pramuka Amerika.

Salam sukses, Agus Ridwan Sopari

Leave A Reply